Follow Us @gamelansp4

Followers

Monday, January 13, 2020

Misteri Gamelan

Misteri Alunan Suara Gamelan di Sungai Muncar yang Bikin Bergidik


Liputan6.com, Kebumen - Desa Seboro Kecamatan sadang terletak di sisi utara Kebumen, tepat di jantung Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong, Kebumen, Jawa Tengah. Tak aneh jika legenda dan mitologi nan mistis terus hidup, dituturkan turun-temurun.


Desa Seboro dikelilingi kawasan batu tua, berusia puluhan juta tahun. Bentuknya pun unik. Beberapa indah dipandang, lainnya menggetarkan hati.


Orang jawa bilang, tiap benda membawa prabawa atau wibawanya masing-masing. Batuan-batuan lantai dasar samudera muasal pulau Jawa ini merupakan nuansa berbeda.


BACA JUGA

Sudah Belajar Islam di Rutan, Ahok Nikahi Bripda Puput Secara Islam?

Terungkapnya Konspirasi Berdarah Istri dan Selingkuhan di Aceh

Bakal Menikah 15 Februari, Calon Istri Ahok Bagi-Bagi Seragam Resepsi

Menjelajah Desa Seboro, orang akan merasa terlempar ke waktu jutaan tahun lampau, ketika cikal bakal Pulau Jawa baru saja menyeruak permukaan samudera.


Ada kisah menggoda soal salah satu situs batu purba berusia 80 tahun. Namanya, Watu Kelir.


Letaknya di Desa Seboro Kecamatan Sadang, atau sekitar delapan kilometer arah utara tempat kami bermalam di Museum Geologi BIKK LIPI, Karangsambong, Kebumen.


Di desa ini, berkembang cerita soal suara gamelan misterius dari Sungai Muncar. Di Sungai ini, ada situs (geosite) batu purba yang dinamai Watu Kelir. Di tempat yang sama, ada pula situs watu kenong nan mistis.


Dinamai Watu Kelir lantaran di tempat itu memang ada batuan tegak mendatar sepanjang puluhan meter. Bentuknya semacam kelir dalam pertunjukan wayang. Uniknya, berimpitan dengan Watu Kelir, ada batu-batu bulat yang mirip kenong atau perangkat gamelan.


Kelir, juga berarti pembatas atau tirai. Dalam cerita orang-orang kuno, Watu Kelir adalah batas duni fana dengan alam gaib.


"Ada Klotekan-klotekan (suara semacam pukulan perkusi), semacam gamelan," ucap Kasnan, seorang warga Seboro, beberapa waktu lalu, menceritakan kisah mistis Watu Kelir.

No comments:

Post a Comment

Gamelan pakurmatan

                    Gamelan Pakurmatan Nama pakurmatan sendiri telah menyebut jenis karawitan ini adalah untuk menghormat sesuatu. Disebut...