Follow Us @gamelansp4

Followers

Sunday, December 22, 2019

JENIS JENIS GAMELAN JAWA









JENIS JENIS GAMELAN JAWA
      Gamelan Jawa merupakan seperangkat alat musik tradisional jawa yang biasa nya terdiri dari Gong, Kenong, Gambang, Calempung dan beberapa alat musik pendamping lainnya.
     Berdasarkan sumber bunyinya gamelan jawa terbagi menjadi empat jenis ,masing-masing  jenis memiliki instrument dengan karakter sura yang berbeda-beda .Melalui kategori ini juga bisa diketahui kesejahteraan gamelan tersebut, jenis-jenis gsmelan yang dimaksud diantara nya sebagai berikut:

  •   Gamelan Ideofon
   Instrument yang sumber bunyi nya berasal dari badan alat musik itu sendiri. Jenis ini yang paling tua usia nya daripada instrumen lain nya dalam gamelan jawa. Instrumen ideofon diantara nya adalah , dalam susunan nya yang banyak dalam satu rancak dikenal sebagai ”bonang. Jika susunan nya sedikit yang masing-masing dalam satu rancak disebut “kenong, dan “gong yang merupakan instrumen penting dalam istilah gamelan jawa.
    Instrumen lain dalam kategori gamelan ideofon juga ada yang nama nya alat musik “gambang dan “ saron” yang terbuat dari bilah-bilahan bambu dan kayu.
  Gamelan Membranofon
    Instrumen gamelan yang memiliki bunyi dari selaput kulit biasa nya terbua dari kulit hewan yang di rekarkan di bingkai yang terbuat dari kayu yang di rekatkan dengan tali atau rotan contoh alat musik nya adalah “ kendhang” yangdi katakanalat musik tertua dalam instrumen membranofon ini yang populer di jawa sejak pertengahan abad ke-9 M. Instrumen lain nya adalah “bedug” dan “trebang” yang ada sejak abad ke -12 M.
  Gamelan Aerofon
   Instrumen dengan sumber bunyi yang berasal dari udara yang di tiup.Diantara nya adalah “Seruling” yang juga merupakan pelengkap dari gamelan jawa.Sejarah alat usik ini juga sangat tua dan bisa di temukan jejak awal peradaban alat musik ini pada relif candi Borobudur.

Gamelan Chordofon
    Instrumen ini mencakupalat musik yang menggunakan senar baik yang dimainkan secara dipetik maupun di gesek. Dalam gamelan jada ada alat musik yang nama nya “Rebab”dan “Chelempung”, Alat musik jenis ini merupakan pengaruh dari kebudayaan luar .
    Gamelan jawa merupakan alat musik tradisional sekaligus benda pusaka ,gamelan juga sering di sebut gangsa yang merupakan singkatan dari tigo sedoso (tiga sepuluh).Gangsa atau dalam bahasa jawa tigo sedoso merujuk pada bahan pembuatan gamelan berupa perpaduan antara tiga bagian tembaga dan sepuluh bagian timah perpaduan tersebut dianggap sebagai bahan baku terbaik dalam pembuatan gamelan jawa.
     Dalam gamelan jawa memiliki sekitar duapuluh satu perangkat gamelnyang di kelompokan menjadi dua yaitu:
·         Gangsa Pakurmatan
   Gangsa pakurmatan dimainkan untuk mengiringi upacara adat dalam keraton dan upacara penting yang ada dalam lingkungan keraton


·         Gangsa Ageng
     Berbeda dengan gangsa pakurmatan , gangsa ageng di mainkan sebagai pengiring pagelaran seni budaya selain itu gangsa ageng memiliki instrument atau alat musik yang lebih lengkap .
          Instrumen gamelan jawa memiliki keistimewaan yaitu alunan musik yang cenderung bersara lembut seperti menghadirkan suasana ketenangan jiwa dan selaras dengan kehidupan masyarakat jawa .Instrumen gamelan jawa tidak bisa kita lepaskan dari pandangan masyarakat jawa yang cenderung memlihara keselarasan hidup baik jasmani maupun rohani , keadaan tersebut menjadikan mastyarakat jawa selalu menghindari sikap atau ekspresi temprametal dan berusaha dalam meujudkan toleransi antarsesama masyarakat yang rukun.
         Komposisi musik gamelan diciptakan dengn beberapa aturan yang terdiri dari beberapa putaran serta dibaasi oleh satu gong-an dan melodi yang terdiri dari 4 nada ,dan masing masing nada terbuat dari perpaduan permainan alat musik gamelan tersebut.
        Adapun gamelan jawa untuk penyajian gendhing dala, karawitan dapa dibedakan menjadi dua yakni:
a.       Saron
  Saron adalah gending gendingdengan kecenderungan volume tabuhan atau nada yang keras ,semua alat musik atau perangkat gamelan dimainkan kecuali Gender, Gambang, Rebab, Suling dan Siter. Alunan musik gamelan jenis ini di sajikan dengan tempo tanggung dalam setiap penyajian nya.
b.      Lirihan
Sesuai dengan nama nya ,penyajian gending lebih halus dan pelan . semua instrumen atau alat musik gamelan ditabuh atau di mainkan namun yang lebih diutamakan adalah Gender, Gambang, Rebab, suling dan siter. Adapun tempo yang di mainkan berbeda beda dalam penyajian nya.
        Ada beberapa gamelan yang berfungsi sebagai sarana alam upacara adat jawa yaitu:
·         Gamelan Sekati
   Gamelan ini biasa nya dimainkan atau di tabuh dalam perayaan sekaten yang di adakan di keraton Surakarta dan Yogyakarta secara resmi di mulai dari tanggal 5  mulud dan berakhir tanggal 12 mulud dalam penanggalan jawa. Selain dimainkan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhamad SAW, juga untuk menyambut tamu agung.
·         Gamelan Munggang
   Gamelan munggang ditabuh atau dimainkan untuk menyambut penobatan sultan dan acara resmi dalam keraton lain nya.
·         Gamelan Corobalen
Gammelan Corobalen adalah salah satu gamelan pakurmatan (penghormatan)  gamelan ini ditabuh atau dimainkan untuk menerima tamu bilamana sultan dalam keraton jawa mempunyai hajad .

No comments:

Post a Comment

Gamelan pakurmatan

                    Gamelan Pakurmatan Nama pakurmatan sendiri telah menyebut jenis karawitan ini adalah untuk menghormat sesuatu. Disebut...