Follow Us @gamelansp4

Followers

Monday, December 23, 2019

Jenis musik gamelan

  JENIS MUSIK GAMELAN
   Gamelan jelas bukan musik yang asing. Popularitasnya telah merambah berbagai benua dan telah memunculkan paduan musik baru jazz-gamelan,melahirkan institusi sebagai ruang belajar dan ekspresi musik gamelan, hingga menghasilkan pemusik gamelan ternama. Penggelaran musik gamelan kini bisa dinikmati di berbagai belahan dunia. Di Indonesia terutama di Pulau Jawa dan Bali salah satu jenis bebunyian atau seni tetabuhan yang dianggap paling tua dan masih bertahan hidup serta berkembang sampai saat sekarang ini adalah alat musik gamelan atau di daerah-daerah tertentu sering disebut dengan istilah seni karawitan.
   Istilah karawitan pada saat sekarang di daerah-daerah tertentu terutama pada lingkungan perguruan tinggi seni sering digunakan untuk menyebut berbagai alat musik daerah yang berbentuk alat instrumental maupun vokal yang memiliki sifat karakter,dan konsep serta cara kerja atau aturan tertentu. Banyak yang menggunakan istilah karawitan dengan berangkat dari dasar kata rawit seperti menurut Ki Sindu Suwamo karawitan berasal dari kata “rawit” yang berarti cabe rawit yang kecil serta halus, indah. Indah artinya disini adalah seni. Jadi karawitan adalah seni suara yang berbentuk vokal maupun instrumental yang berlaraskan pelog dan slendro. Sedangkan menurut R.M. Kusumadinata dari Bandung bahwa istilah karawitan adalah “pancaran sinar yang indah”, yaitu seni artinya karawitan adalah seni suara yang berbentuk vokal maupun instrumental yang berlaraskan pelog dan salendro. Namun pada saat sekarang istilah karawitan sangat luas sekali pengertiannya, jadi istilah karawitan hanya seni suara yang berlarsakan pelog dan salendro saja tidak mewakili pada jenis-jenis  musik lainnya, sementara jenis-jenis musik di Indonesia beragam , dengan demikian di era saat ini bahwa istilah karawitan adalah mencakup jenis-jenis alat musik yang berbentuk vokal maupun instrumental dan tidak hanya yang berlaraskan pelog salendro saja akan tetapi seluruh bentuk jenis kesenian yang ada di Indonesia. Dengan demikian bertolak dari pengertian itu maka tidak heran bila istilah karawitan kemudian dapat digunakan untuk menyebut atau mewadahi beberapa cabang seni yang memiliki karakter yang halus, kecil, dan indah. Jadi karawitan tidak hanya menunjukan pada gamelan jawa, bali, sunda tetapi juga jenis seperangkat alat musik lain di Indonesia.

MEMAINKAN ANSAMBEL TRADISIONAL 
  Beberapa Alat Musik Ansambel Tradisional
Indonesia memiliki ratusan music tradisional yang dibagi dalam dua jenis yaitu ansambel besar dan kecil. Gamelan adalah salah satu contoh ansambel besar. Sedangkan salung, sempelong, rabab Derek, rabab pasisir, dan kesok-kesok merupakan contoh ansambel kecil.
a.       Gong besar gamelan jawa
 Gamelan terdiri atas instrumen logam dan berbagai jenis gong yang menghasilkan nada apabila ditabuh. Kebanyakan instrumen gamelandilaras dalam dua sistem nada yaitu  slero yang bernada lima dan pelog yang bernada tujuh.
1)  Instrumen dan penyanyi yang menghasilkan susunan nada sederhana ataupun rumit.
2)     Instrumen mengatur tempo.
3)     Instrumen mempertegas sebuah gending.
Dalam rumusan Jawa tradisional, seluruh instrumen gamelan merupakan pusaka yang berharga,namun beberapa gong besar dianggap memiliki nilai penting sendiri diantaranya pangrawit, kecer, ketuk, dang gong.
b.       Gong besar gamelan bali
  Gamelan di Bali terdiri atas banyak instrumen tabuh meliputi mrtalofon, silofon, gong, gendang, dan canang. Jenis gamelanyang ada di Bali contohnya gamelan gambang dan ganelan slonding.
c.        Gendang
  Gendang memiliki peran penting dan dalam jenis musik tertentu gendang menjadi instrumen yang paling menonjol dalam sebuah ansambel.
1)     Tradisi gandang di Sumatra
Sumatra Utara memiliki adat bermain gendang yang menggunakan Sembilan gendang yang disebuut gordang samb ilan. Sementara didaerah Karo menggunakan lima gendang yang disebut gendang lina sedalanen.
2)    Di Jawa dan Bali biasanya menggunakan gendang dengan dua sisi yang diletakkan mendatar.
Beda lagi halnya dengan Indonesia Timur yang menggunakan gendang berbentuk jam pasir untuk mengumumkan kedatangan orang untuk suatu acara, mengiringi tarian, acara suci, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Gamelan pakurmatan

                    Gamelan Pakurmatan Nama pakurmatan sendiri telah menyebut jenis karawitan ini adalah untuk menghormat sesuatu. Disebut...