Follow Us @gamelansp4

Followers

Friday, December 27, 2019

Manfaat Bermain Gamelan


Manfaat Bermain Gamelan

Indonesia memiliki ragam budaya yang sangat menawan termasuk musik salah satunya. Bahkan dapat dikatakan bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki musik khas masing-masing. Salah satunya Jawa yang memiliki musik khas yang bernama gamelan. Dalam mitologi Jawa, gamelan diyakini sebagai media Sang Hyang Guru pada Era Saka sekitar abad ke-8 untuk memanggil para dewa seluruh penguasa Jawa di istana yang bertempat di Gunung Mahendra di Medangkamulan (sekarang Gunung Lawu). Namun sekarang gamelan menjadi alat musik yang sering digunakan sebagai pengiring pertunjukan pada acara-acara besar adat dan upacara sakral.
Musik yang tercipta dari gamelan jawa ini berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik jawa lain. Gamelan dimainkan secara berkelompok. Musik ini memiliki irama yang lembut, mencerminkan keselarasan hidup seperti prinsip hidup yang selama ini dianut oleh masyarakat Jawa. Dewasa ini, musik gamelan Jawa sangat banyak diminati oleh banyak kalangan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai menjadi jurusan di beberapa Perguruan Tinggi. Menyebabkan musik gamelan ini banyak diminati adalah beberapa manfaatnya sebagai berikut.
1.   Kita Bisa Belajar Kerja Sama dengan Musik Gamelan Jawa
Memainkan alat musikgamelan Jawa ini tidak bisa di lakukan secara solo. Gamelan adalah alat musik yang memadukan alat musik lain yang menjadi satu kesatuan, musik ini membutuhkan kelompok orang untuk bisa memainkannya. Butuh kerjasama dan kekompakan antar penabuh alat agar menghasilkan musik yang selaras. Disini kita akan belajar bagaimana bekerja sama dengan baik. Karena disaat gendang ditabuh lalu diikuti kenong dan lainnya kemudian diakhiri dengan pukulan gong setiap penabuh harus paham kapan memulai, berhenti, dan menyelaraskan irama musik dengan tepat di setiap alat yang dimainkan.
2.   Musik Gamelan Jawa Melatih Kesabaran
Berbagai macam jenis lagu yang dimainkan dengan musik gamelan Jawa memiliki tempo yang sangat cepat dan bahkan paling lambat sekalipun. Hal ini dapat mengajarkan kita tentang kesabaran dalam menabuh alat musik ini dengan lagu yang paling lambat maupun menunggu giliran instrumen ditabuh. Karena pada dasarnya tidak semua instrumen dalam musik gamelan ditabuh sekaligus. Hal ini semakin menguji kesabaran pemainnya, ketika kita memainkan instrumen yang hanya ditabuh sekali atau dua kali saja dalam satu permainan.
3.   Musik Gamelan Jawa Dapat Mengasah Memori Otak & Menenangkan
Musik gamelan dibedakan menjadi dua tangga nada diantaranya Slendro dan Pelog. Seorang penabuh musik gamelan Jawa harus paham bagaimana menggunakan kedua tangga nada itu. Meski penabuh terkadang boleh menggunakan catatan dalam memainkannya, tapi mereka juga harus menghafalkan beberapa nada yang pastinya membutuhkan ingatan yang kuat. Musik gamelan membutuhkan kecepatan khusus untuk memainkannya, tak ada waktu dalam melihat catatan. Memainkan musik gamelan Jawa dapat melatih konsentrasi dan tentunya juga mengasah memori pada otak yang memberikan efek relaksasi yang menenangkan.
4.   Musik Gamelan Jawa Akan Membuat Kita Jatuh Cinta Pada Indonesia
Banyak orang yang awalnya tak menyukai alat musik ini, telah jatuh cinta setelah memainkan musik gamelanJawa. Alat yang memberikan efek ketagihan dengan berbagai manfaatnya, telah menciptakan efek candu bagi siapapun yang memainkannya.  Sehingga rasa ingin tau kita semakin tinggi mengenai hal apapun yang berkaitan dengan musik gamelan Jawa. Sehingga asal usul, sejarah, dan segala pendukung terciptanya alat musik gamelan Jawa ini menjadi hal yang menarik untuk dipelajari maupun sekedar ingin tau karena kita sudah jatuh cinta dengan berbagai manfaatnya. Dengan tidak sadar, kita melestarikan budaya dan mempromosikan ke masyarakat yang lebih luas karena kita sering memainkannya.
5.  Membantumu Untuk Bersosialisasi
keuntungan besar jika kamu selalu bisa menjadi pemecah dan pemeriah suasana dengan kemampuanmu.
6.  Mempelajari Gamelan Menumbuhkan Kreativitasmu
Mempelajari gamelan akan membantu menumbuhkan dan mengembangkan kreativitasmu. Apalagi saat kamu telah mnguasai dasar-dasar dalam gamelan.
7.  Belajar Gamelan Membantu Mengurangi Rasa Stresmu
Selain bisa membuatmu merasakan emosi,gamelan juga mampu mengurangi emosimu. Bahkan saat kamu sedang mengalami hari yang buruk dan merasa stres mendengarkan alunan instrumental mungkin akan mampu membuatmu merasa lebih baik dan lebih rileks. Kalau hanya dengan mendengar saja sudah bisa mengurangi rasa stresmu
8.  Belajar Gamelan Akan Melatih Konsentrasi dan Mengajarimu Pentingnya Ketekunan
Mempelajari gamelan bukanlah suatu hal yang akan bisa kamu lakukan tanpa keseriusan dan ketekunan. Belajar gamelan menuntut konsentrasi, ketekunanmu dan keseriusan untuk benar-benar bisa menguasainya.
Selain itu kamu tidak akan bisa menguasai salah satu jenis alat musik hanya dengan belajar satu hari kan? Kamu harus meluangkan waktu untuk mempelajari seluk-beluk instrumen yang kamu mainkan. Rata-rata orang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa menguasai saron
http://kiratarupa1018.blogspot.com/2018/11/4-manfaat-belajar-musik-gamelan-jawa.html

No comments:

Post a Comment

Gamelan pakurmatan

                    Gamelan Pakurmatan Nama pakurmatan sendiri telah menyebut jenis karawitan ini adalah untuk menghormat sesuatu. Disebut...